You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Krembangan

Kec. PANJATAN, Kab. KULON PROGO, Prov. DI Yogyakarta

Kirab Merti Desa, Desa Krembangan 2019


Merti Desa atau biasa disebut Bersih Desa merupakan suatu tradisi perwujudan rasa syukur masyarakat terhadap Karunia Tuhan yang sudah di limpahkan kepada warga, baik yang berwujud hasil bumi, keselamatan, ketentraman, ataupun kesehatan. Tidak hanya itu, sebagian dari warga masyarakat, khususnya di wilayah pedesaan, mempercayai bahwa Merti Desa harus dilakukan setiap tahunnya sebagai penolak bala'/musibah.

Terlepas dari kepercayaan tersebut, Merti Desa sudah semestinya dilestarikan sebagai bagian dari upaya mempertahankan Budaya asli lokal yang kian hari semakin tergerus oleh kemajuan zaman.

Pada hari Jumat, 30 Agustus 2019, Pemerintah Desa Krembangan, bersama warga masyarakat, melaksanakan kegiatan Merti Desa, yang di awali dengan Kirab Gunungan, Penyerahan Gunungan, serta Doa Bersama dan pada malam harinya dilanjutkan dengan pagelaran wayang Kulit (Dalang Ki Ramino), yang dimeriahkan oleh bintang tamu "Dalijo" (pemain dalam acara obrolan Angkringan TVRI Jogja). 

Sebelum Pagelaran Wayang dimulai, terlebih dahulu diawali dengan Flashmob tarian "Wanara" yang di mainkan oleh Karangtaruna Desa beserta Tim Karnaval Desa Krembangan.

Bagikan artikel ini: