
KabarKrembangan-Pemerintah Kalurahan Krembangan menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Penguatan Pengawasan oleh Masyarakat dan Badan Permusyawaratan Kalurahan (BPKal) yang bertempat di Pendopo Kalurahan Krembangan pada hari Sabtu, 19 Juli 2025. Kegiatan ini dilaksanakan dengan dukungan pendanaan dari Dana Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai wujud komitmen peningkatan partisipasi masyarakat dalam tata kelola pemerintahan yang transparan dan akuntabel.
Sosialisasi ini diikuti oleh tokoh masyarakat dan seluruh anggota BPKal Kalurahan Krembangan sebagai peserta utama. Hadir sebagai narasumber dari Kapanewon Panjatan, yaitu Suprih Rohmadi dan Gunadi Handayani, S.Sos, yang memberikan pemaparan mendalam tentang pentingnya keterlibatan masyarakat dan BPKal dalam sistem pengawasan terhadap kinerja Pemerintah Kalurahan.
Dalam sambutannya, Lurah Krembangan menegaskan bahwa pengawasan berbasis partisipasi adalah bagian penting dari tata kelola pemerintahan desa yang baik. Beliau juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kalurahan sangat terbuka apabila ada hal hal yang dirasa membutuhkan penjelasan lebih detail, warga masyarakat dipersilahkan untuk datang ke Kantor Kalurahan Krembangan agar mendapatkan informasi yang valid.
Pada sesi paparan narasumber dari Kapanewon, mereka menekankan bahwa masyarakat dan BPKal memiliki peran strategis dalam menciptakan sistem pengawasan yang sehat. Masyarakat dan BPKal diharapkan aktif mengawal program-program pemerintah, menyuarakan aspirasi masyarakat, serta melakukan pemetaan kebutuhan warga berdasarkan wilayah perwakilannya. Kolaborasi yang baik antara BPKal dan Pemerintah Kalurahan menjadi kunci untuk membangun sinergitas yang kuat, terbuka, dan berorientasi pada pelayanan publik yang berkualitas.
Sesi berikutnya diisi oleh narasumber dari Pemerintah Kalurahan Krembangan, yaitu Lilik Arif Rahmadi, A.Md.Kom., yang menyampaikan inovasi dalam hal transparansi pemerintahan. Dalam paparannya, Lilik memperkenalkan menu baru pada website resmi Kalurahan Krembangan, yakni "Laporan Kegiatan Pamong". Menu ini memungkinkan warga untuk mengakses informasi realisasi anggaran kegiatan, baik yang telah maupun yang belum direalisasikan. Masyarakat dapat memantau secara langsung progres pelaksanaan kegiatan, terutama yang berkaitan dengan realisasi penggunaan anggaran.
Selain itu, Pemerintah Kalurahan juga menghadirkan "Layanan Aduan", sebuah fasilitas interaktif yang memungkinkan warga menyampaikan aspirasi, keluhan, maupun laporan langsung kepada pemerintah kalurahan secara online. Fitur ini diharapkan menjadi media penghubung yang efektif dalam memperkuat transparansi, akuntabilitas, dan komunikasi dua arah antara warga dan Pemerintah Kalurahan.
Transofrmasi teknologi sudah membawa perubahan budaya yang masif pada perilaku masyarakat. Dengan hadirnya kanal Layanan Aduan ini, harapannya warga masyarakat mempunyai alternatif pilihan wadah aspirasi yang lengkap, namun begitu, komunikasi secara langsung dengan Dukuh selaku pengampu wilayah dan BPKal sebagai perwakilan masyarakat mestinya selalu menjadi pilihan pertama dalam menyampaikan aspirasi. Dengan keterlibatan semua pihak, Kalurahan Krembangan diharapkan dapat menjadi contoh dalam membangun pemerintahan yang terbuka, inklusif, dan berorientasi pada kebutuhan masyarakat.

