You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Krembangan

Kec. PANJATAN, Kab. KULON PROGO, Prov. DI Yogyakarta

Data Desa


Desa Krembangan adalah desa di Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Berjarak sekitar 30 kilometer dari kota Yogyakarta ke arah barat, 9 kilometer tenggara kota Wates.

Secara geografis, Desa Krembangan berbatasan dengan Desa Kedungsari, Pengasih di sebelah utara, Demangrejo (Sentolo) dan Bumirejo (Lendah) di timur, Wahyuharjo (Lendah) dan Kanoman (Panjatan) di selatan dan Cerme (Panjatan) di sebelah barat.

Desa Krembangan terdiri dari 12 pedukuhan (Pedukuhan I s.d Pedukuhan XII) dan secara nonformal beberapa pedukuhan juga memiliki nama pedukuhan tersendiri, yaitu Gesikan untuk Pedukuhan I Krembangan, Dagansari untuk Pedukuhan II Krembangan, Krajan untuk Pedukuhan VI Krembangan, Wonosari untuk Pedukuhan VII Krembangan, Karangjati untuk Pedukuhan VIII Krembangan, Sliling untuk Pedukuhan IX Krembangan, Kepuh untuk Pedukuhan X Krembangan, Ngireng-ireng untuk Pedukuhan XI Krembangan dan Dukuh untuk Pedukuhan XII Krembangan.

Secara Geografis Desa Krembangan memiliki topografi yang landai di sebelah selatan yang didominasi persawahan bertanah lempung dan di bagian utara berbukit tandus berkapur.
Dari Selatan ke utara : wilayah paling selatan (daerah Punthuksari) dihuni beberapa kepala keluarga, kemudian daerah persawahan (bulak Dagansari), perkampungan (Pedukuhan I/Gesikan dan II/Dagansari), persawahan (bulak Randukuning) dan kemudian wilayah pedesaan Krembangan.

 

Bagikan artikel ini: